Pages

Sunday 22 June 2014

Masih tentang nama

Masih tentang nama. Kali ini saya mau bahas tentang singkat menyingkat nama. Karena terkadang, nama saya yang terdiri dari tiga kata itu juga perlu disingkat juga.

1.       Annisa P. D.
Aneh gak sih? Saya sering merasa tidak pede kalau harus nyingkat nama seperti itu. Soalnya, kalau di singkatan dibaca annisa pede, tapi kenyataannya sedang gak pede, mau gimana dong? Kan gak oke.

2.       Annisa Puspa D.
Nama ini saya gunakan untuk papan nama di jaman SMP. Waktu itu, saya yang sok misterius agak tidak suka dengan cara menyingkat nama seperti ini. Soalnya waktu itu saya dikenal sebagai Dhara, dan yang gak tau nama lengkap saya, begitu baca papan nama yang ada di dada kanan seragam sekolah, udah pasti tau kalau singkatan D itu ya pasti Dhara. Yah, jadi pada tahu deh nama lengkap saya. Padahal saya pengennya mereka tahu nama kalau kenalan langsung.

3.       Annisa P. Dhara
Karena kurang suka dengan singkatan nomer 2, akhirnya pas SMA saya buat papan nama saya kaya gini. Sudah lebih seneng, karena berhasil menyembunyikan nama tengah saya. Tapi suatu hari, beberapa teman laki-laki saya ketawa ketiwi sambil liatin saya. Saya yang terganggu jelas langsung tanya kenapa ke mereka. Kemudian mereka bilang, mereka tahu apa arti P di nama saya itu. Yang ternyata adalah…
“Payu”. Tahu kan kalau kata itu disambung sama nama belakang saya jadinya apa? L Sejak itu, saya jadi kurang pede dengan singkatan itu. Takut disalah artikan lagi  Tapi ternyata, seiring berjalannya waktu, saya kembali suka dengan singkatan ini. Alasannya karena nama panggilan saya itu Nisa atau Dhara. Jadi ya dua kata itu tidak saya singkat. Begitu.

4.       an.pu.dh
kalau yang ini.. jelas tidak saya gunakan dalam situasi formal. Ide menyingkat nama seperti ini muncul saat saya membuat akun gmail beberapa tahun lalu. Karena kalau pake nama asli itu rasanya mainstream banget ya. Jadilah saya iseng-iseng mengambil dua huruf depan dari tiap kata di nama saya. Eh ternyata diterima :D seneng, soalnya simple dan different aja.

5.       A. Puspa Dhara
Hehehe, kalau ini gak serius. Gak pernah sama sekali saya nyingkat nama seperti ini. Emangnya apa itu A? Ahmad? Ali? Anak? Haha, ngaco. Meskipun nama Annisa itu banyak sekali di sekitar kita, tapi percayalah, hanya ada satu Annisa Puspa Dhara di dunia ini, hihi. Kecuali kalau setelah tulisan ini diposting, dan dibaca orang yang ternyata suka terus anaknya dikasih nama kaya saya, itu lain cerita :D

6.       Dhara, Annisa Puspa
Ini sih bukan singkatan ya. Tapi nama bentuk begini bakal dipake kalau ada orang yang mau mengutip karya saya yang berupa tulisan. Jangan salah ya, gini-gini saya juga seorang penulis beneran. Penulis skripsi, serius deh. Haha. (Ampun deh ya, skripsi aja dibanggain).


That’s all. Itu aja sih kayaknya. Dan kalau ditanya, mana yang paling sering saya gunakan sekarang, yang pasti nomer 2 J

No comments:

Post a Comment

mau beri komentar, kritik atau saran, monggo...
komentar Anda sangat berarti :)