Pages

Tuesday 21 May 2013

[Mencoba] Tanpanya


Satu setengah hari sudah, aku mencoba fokus pada salah satu dunia, yaitu dunia nyata.

Tak disangka, hari pertamaku meninggalkan dunia maya (baca: facebook) sungguh menyenangkan. Aku merasa bebanku berkurang, karna tidak perlu tau keluh kesah teman-teman fb ku melalui statusnya.


Bisa dibilang aku agak lebay ya.. karena baru sehari aja udah seneng. Tapi memang kenyataannya, fb sedikit mulai mengganggu ritme kehidupan saya. Ga papa lah sedikit menyalahkan fb, karna saya sedang tidak ingin menyalahkan diri sendiri :v
Yah meski fb juga sudah banyak membantu kehidupan saya, misal ketemu teman-teman SD dan SMP yang udah lama sekali ga pernah ketemu. Atau jadi media untuk saling share tugas kampus.

Tapi bukan itu masalahnya. 
Ternyata sungguh beda rasanya, meski sama2 ngobrol, ketika lewat chatting dengan ngobrol langsung. Aku merasa tidak ada kepalsuan, ketika saling bicara di dunia nyata. Lain halnya kalau via chat. Bahkan chat sama sms aja udah beda, meski sama2 ngobrol melalui tulisan. 

Ketika bicara soal sms, pengguna dikenai biaya untuk tiap pengirimannya, sedangkan chat gratis. Meski banyak operator selular ngasih bonus sms, tapi orang sekarang cenderung mulai malas sms-an. Kalo ga butuh banget, mesti lebih milih ga sms. Sedangkan chat, karena gratisnya itu, (entah via fb chat, line atau we chat dkk nya) atau mungkin sedang ngetren, orang cenderung lebih suka menggunakannya. Mulai dari ngobrol penting sampe ngobrol ngalor ngidul ga jelas. Kenapa ngobrol ga jelas dan ga penting? ya karena itu gratis, menarik, dan mungkin emg masih anget2nya gitu ya, jadi kalo ga chattingan dianggep ga gaul gituh :v
Jadi bisa diartikan, sms sedikit lebih 'nyata' dibandingkan chat

Fenomena maraknya chatting juga membuatku terusik. Terkadang aku merasakan hal aneh. karena sering ngobrol dengan teman via chat, tapi di dunia nyata jarang, bahkan hampir tidak pernah ngobrol dengan teman tadi. Aku mulai jenuh dengan hal seperti itu. Maka ku putuskan pergi meninggalkan dunia chatting (facebook salah satu fasilitatornya) sesaat demi melihat, siapakah orang yang bisa diajak dan mengajak ngobrol di dunia nyata ini. Soalnya jaman sekarang mulai susah ya nyari orang yang nyambung buat diajak ngobrol yang bermanfaat. Biasanya kalo udah ngobrol ya ngomong nyampah aja. Entah ngomongin orang atau apalah, yang kurang bermanfaat. 

Jadi menurutku, tidak perlu bangga jika kita punya banyak teman di dunia maya atau jejaring sosial. karena hanya sedikit dari mereka yang nyata. Nyata dalam arti mereka bisa menjadi teman yang baik di dunia nyatamu, bukan sekedar  teman yang bisa menyapamu via chat karena dia kesepian, atau kurang kerjaan saja. That's not a real friend. Karena rasanya akan lebih menyenangkan ngobrol sambil tatap muka dan berdekatan. Kenapa? Karena itu nyata! bukan maya.

Yah.. semoga hari kedua dan seterusnya tanpa facebook tidak menjadi kendala bagiku. Meski beberapa teman mulai menanyakan keberadaanku. Aku berharap bisa merasakan keindahan hidup yang nyata tanpa facebook. Meski sementara.. karena suatu hari pasti aku kangen online lagi, hehe

Mohon bantuannya :)

No comments:

Post a Comment

mau beri komentar, kritik atau saran, monggo...
komentar Anda sangat berarti :)