Pages

Thursday 10 January 2013

Bayu, Mega, Mentari

Dua hari ini, angin bertiup sangat kencang. Menghempaskan segala hal di sekitar kita dengan mudahnya. Tapi entah mengapa kegalauan hati ini tak kunjung terhempas juga. Eh but that’s not the point. Cuaca dingin dikolaborasikan dengan tidak adanya kuliah, membuat pagi hari selalu ingin kulalui dengan bermalas-malasan.


Tapi tidak pagi ini, karena begitu kubuka pintu, daun-daun rambutan berwarna coklat telah berkumpul di halaman rumah. Bagaikan penggemar ketemu artis idolanya, mereka berteriak kegirangan, memanggil-manggil namaku, berteriak dan melambai-lambai. Dan yaa… bagaikan artis yang tak tega melihat penggemarnya kecewa, akupun menyapa mereka. Bahkan berbaur dengan mereka.

Segera tangan halus sang sapu lidi menyapa mereka satu persatu, hingga mereka kehabisan kata-kata saking bahagianya. Tak sekedar menyapa, kuantarkan pula mereka –para daun kering– pulang dengan mobil ekrak mewah menuju tempat penuh kehangatan, tempat sampah.

Kupikir cukup sudah jumpa fans-ku pagi ini. Tapi ternyata dari dalam rumah dan teras kudengar teriakan-teriakan lain. Ah rupanya mereka, para debu. Mereka iri dengan daun-daun cokelat. Maka kulanjutkan acara ramah-tamah dengan penggemar. Hingga mereka mau meninggalkan rumahku dengan perasaan bahagia. Lega rasanya melihat mereka tak tersisa.

Saatnya bersantai sejenak, duduk di teras rumah. Menerawang. Biasanya sepasang burung merpati sedang ngobrol santai di atas atap rumah tetanggaku. Beberapa mencari-cari sesuatu untuk dimakan, di tanah. Tapi kali ini mereka tidak ada. Padahal aku rindu suara merdu kepakan sayap mereka ketika tiba-tiba seseorang atau kendaraan melewati kerumunan mereka.

Memandang langit, ternyata sang mega mendung tetap tersenyum. Apa kabar mentari? Seprtinya jadual mentari tampil sedang sedikit, dan pasti dia menikmatinya. Kembali menatap mega, yang begitu pasrah meski si bayu membuatnya terhuyung-huyung kesana kemari. Ah bagaimana bisa dia tetap tersenyum?

Bersambung ke รจ Nrimo ing Pandum (klik!)

1 comment:

mau beri komentar, kritik atau saran, monggo...
komentar Anda sangat berarti :)