Pages

Wednesday 20 June 2012

LTM Episode Terakhir (20Juni2012)

Kalau biasanya pertemuan LTM kelas A itu hari Kamis siang, di pertemuan terakhir ini beda. Karena kami harus mengikuti kelas di hari Rabu pagi. Memang berat berangkat pagi, tapi karena ini pertemuan terakhir, jadi ya ga boleh ketinggalan...

IKA


Kesempatan tampil pertama berhasil diraih oleh Ika :)

Ika mengajar tentang action verb. Sebelum menyampaikan materi, Ika memutar sebuah video dan mengajak siswa-siswa bernyanyi bersama sambil tepuk tangan...



Judul lagunya BINGO.....
Tuh, pada tepuk tangan bersama....


Setelah itu, barulah masuk ke materi. Masih tetap menggunakan video, kali ini Ika memutar video yang berisi tentang beberapa action verb disertai ilustrasi, seperti gambar di samping nih. Ada kata JUMP..


Kalau yang ini, DANCE.....










Setelah diajak mengucapkan action verbs bersama berulang-ulang, guru memilihkan kata kerja yang sering digunakan sehari-hari, lalu meminta siswa mengulangnya lagi beberapa kali.
Sehingga setelah pelajaran, siswa diharapkan tahu dan bisa menggunakan action verb yang sudah dipelajari. 


THAARIQ



Selanjutnya... kami belajar If Clause dan Subjunctive bersama Thaariq.
Seru karena kami harus berperan sebagai pencari harta karun bersama teman-teman.



Jadi, tiap grup dikasih ini nih, yang disamping.
Ini adalah peta harta karun. Peta ini disesuaikan sama bentuk kelas LTM.
Sudah disertai petunjuk, dan tanda X pada peta tiap kelompok juga beda-beda.


petunjuk pertama ada di balik peta tadi, dan petunjuk selanjutnya ada di tanda X yang ada di peta.

Setelah diberi aba-aba, kami pun berhamburan mencari petunjuk selanjutnya. Kebetulan, kelompokku langsung menemukan petunjuk selanjutnya. Sayangnya, setelah itu kami kebingungan. hehe.



Inilah petunjuk kedua yang kami dapatkan.
If I were a cat, I would sleep under the chair.
Kamipun segera mencari kata 'cat' di bawah kursi. Karena memang ada beberapa nama hewan di sana.
namun setelah sekian lama, kami tak kunjung menemukannya.


Tapi kami ga sedih, karena ga cuma kelompok kali yang bingung. Teman-teman juga pada bingung tuh.. ^^

Dan akhirnya semua kebingungan berakhir setelah salah satu kelompok menemukan harta karunnya.
Fufh...
haha :D


Yasudah.. akhirnya Thaariq menjelaskan maksud dari tiap-tiap petunjuk dan apa yang seharusnya dilakukan agar harta karunnya ketemu...



ADI


Inilah dia penampilan terakhir...
Adi mengajar vocabulary tentang clothes.

Tapi sebelum belajar, nyanyi dulu...
^^




Bagus lho lagu dan video nya, tentang Finger alias jari. Apalagi 'kak' Adi juga ikut joget-joget... ;)



Setelah nyanyi bersama dua kali, barulah pelajaran inti dimulai....



Awalnya kak guru ini menunjukkan beberapa kartu. Dan siswa diharuskan menyebut bahasa inggris dari gambar yang ditunjukkan.



Kemudian dipilihlah beberapa siswa untuk mengecek pemahaman mereka, apakah mereka benar-benar sudah paham, atau belum.


Sesudahnya, Kak Guru menuliskan nama-nama pakaian ke papan tulis.



Dan terakhir, siswa diminta untuk menggolongkan pakaian menjadi musim panas dan musim dingin. Siswa menjawab secara serempak atau ditunjuk salah satu.


***

Akhirnya semua sudah mendapat giliran tampil, kecuali teman-teman yang memilih praktek di kelas sebenarnya (bukan di kelas ini) dan mengumpulkan rekaman prakteknya...

Setelah itu, diadakanlah evaluasi oleh Pak Mutohhar.




Pak Mutohhar, dosen LTM





Di pertemuan terakhir, Pak dosen merangkum dan menyampaikan hal-hal penting yang memang perlu diperhatikan.


Dari gambar di atas bisa disimpulkan bahwa menggunakan media pada proses pembelajaran itu baik, jika kita termasuk dalam point no.2 dan no.3

media sebagai alat bantu, dan
media sebagai sarana hiburan (membuat siswa senang dan tertarik)



Sedangkan maksud dari gambar di atas adalah

ketika kita menggunakan media:
  • penggunaan bahasa sangat penting
  • guru harus bisa mengatur siswa&kelas dengan baik dan tepat
  • media pembelajaran harus terkait dengan materi pelajaran

Dan pesan dari Pak Mutohhar yang bagus banget (menurut saya) dan perlu diingat dan dicatat adalah:
  1. No pressure for being a good teacher.
  2. It starts from awareness.
  3. LTM (language Teaching Media) is just an optional course for some students, when they never have awareness to create or to use.
  4. Everything will be meaningless if you make/create/use it without happiness.



^^ That's all ^^

                                                                                                                                                                    



thanks to:
Pak Mutohhar, untuk pelajaran berharga dan tidak melarang kami 'bermain' HP di kelas,
dan teman-teman LTM kelas A

Jika ada gambar yang kurang baik, mohon dimaklumi demi kepentingan bersama. hehe
--thanks a lot--




Baca juga:

Language Teaching Media
Teaching Media Demonstration (10Mei2012)
Teaching Media Demonstration (24Mei2012)
Teaching Media Demonstration (31Mei2012)
Teaching Media Demonstration (14Juni2012)
Dosen LTM juga memberi contoh
 

***





Please leave a comment ya...
Thankyou :)

4 comments:

mau beri komentar, kritik atau saran, monggo...
komentar Anda sangat berarti :)